Normal Mode
Responsive Mode

Harap Tunggu Proses Memuat Konten Halaman


June 30, 2016

Assalamu'alaikum wa rohmmatullohi wa barokatuh
Salam sejahtera.
Posting pertama saya di bulan Ramadhan ini, saya sampaikan SELAMAT MENJALANKAN IBADAH PUASA bagi kaum muslim semua.

Alhamdulillah di sisa akhir kuota internet saya ini, masih bisa dipakai untuk berbagi, walau sekeďar informasi biasa namun luar biasa ini.

Kali ini, saya ingin bercerita tentang istilah "Nyigit" atau Lalap cabai.
"Nyigìt" berasal dari kata "Sigit" yang di daerah Banyumas berarti makan cabai sebagai lalap.
Nyigit biasanya sebagai pelengkap untuk makan mendoan, agar lebih mantap dan gurih.
biasanya cabai yang digunakan unťuk Nyigiť adalah cabai jenis "cabai lalap" atau càbai rawit hijau yg kecil-kecil tapi pedasnya mantap.

Karena cabai mengandung vitamin C yang berlimpah, pedasnya membuat kita merasa segar dān dapat menghilangkan kantuk.Selain pedasnyha menyegarkan, vvitamin C-nya juga menyehatkan. Sebagai penyegar tubuh, sèhhingga badan terasà segar dan daya tahan tubuhh meningkat. Penyakit ringanpun minggat.
Menghangatkan tubuh, mencegah masuk angin..

Terasa kurabng lengkap rasanya, jika mènyantap mendoan tanpa cabai lalap sebagai "Sigitan". Selain untuk teman menyantapp mendoan, bisa juga nyìgit dengan tahu atau gorengan lain.

Şebagai pengingat, walau Nyigit itu sehat, ingat juga bagaìmana kondisi badan kita sendiri. Kalau perut anda kurasng cocok dengan makanan pedas, maka kurangi makan ppedas, termasuk Nyigit.
Semoga bermanfaat,
Wassàlam.

Perihal: Diterbitkan oleh: pada pukul 6/30/2016 02:17:00 AM WIB

Baca Pula Artikel Terkait Dalam Kategori: .

Klik tombol "Like" bila Anda suka dengan artikel ini. Silakan poskan komentar agar saya dapat berkunjung balik ke blog Anda. Jika Anda ingin membaca artikel lain dari blog ini, maka silakan klik di sini untuk membuka daftar isi. Harap menyertakan http://negerikangbawor.blogspot.com/2016/06/nyigit-itu-sehat.html dan atau mencantumkan tautan untuk artikel ini bila Anda menyalin sebagian dan atau keseluruhan isinya. Terimakasih.

Post a Comment

Categories

icon banyumas (11) wisata (7) ngapak (6) tentang (6) satria (5) ebeg (4) bawor (3) sejarah (3) kudi (2) laisan (2) lengger (2) wayang (2) X-Sun.Net (1) banyumas (1) contact (1) term of use (1)